Friday, November 09, 2007

Setelah Setahun Bekerja....

Akhirnya genap sudah setaun saya melepas status pelajar, dan beralih menjadi bagian dari komunitas tenaga kerja. Meski demikian, sering kali saya tidak menyadari bahwa saya bukan anak sekolahan lagi; merasa masih kecil.

Kesan – kesan setelah setahun bekerja……

Macem – macem, dan menarik, terutama bekerja pada perusahaan servis sumur ini.

Banyak pengalaman yang diperoleh, terutama pengalaman psikologis. Sekitar tiga bulan pertama bekerja merupakan masa – masa yang berat. Masa adaptasi dengan bidang pekerjaan baru, lingkungan baru, dan orang – orang baru. Belum lagi ada target belajar yang ber-deadline. Ini nih yang bikin capek sebenernya, sekitar 30 modul harus selese dalam 3 bulan. Trus, ada ujian akhir nya segala. Bener – bener ngerasa jadi full time anak sekolahan. Sampai bingung, sebenernya udah kerja apa masih sekolah, ya? Lha wong milih kerja karena udah capek sekolah, kok… hehe..

Setelah lolos masa – masa itu, masuklah ke masa yang tak kalah sulitnya, masa training intensive. Dua bulan sekolah, dengan tiap minggunya ada ujian. Kalo dapet nilai jelek 2 kali, akan dipulangkan ke rumah orang tua masing – masing. Menantang sekali memang! Dari 18 orang temen sekelas, 2 orang dipulangkan dengan sukses. Huhu…

Untungnya kehidupan menjadi agak lebih baik setelah pulang dari sekolah. Paling tidak lebih ngerasa jadi orang bekerja, bukan anak sekolahan. Tapi, tanggung jawab memang menjadi agak lebih.

Pelajaran yang sangat berharga dari pekerjaan saya ini adalah proses transformasi posisi secara cepat. Saya direkrut sebagai engineer, yang.nantinya akan membawahi para supervisor dan anak buahnya di lapangan. Sebagai orang baru, biarpun engineer, tentu saja saya gak ngerti apa – apa. Dan belajar benar – benar dari bawah. Di lapangan saya belajar dari para supervisor dan anak buahnya. Bagi saya, masa – masa itu bukan masa yang sulit; saya bisa belajar dari siapapun. Sulitnya justru ketika saya harus mulai memimpin di lapangan. Memperoleh respect dari orang yang biasanya menjadi atasan kita dan membuat mereka bersedia menerima kita sebagai atasan. Itu tidak mudah. Terlebih lagi proses transisi ini harus dijalani dengan cepat, kurang dari setahun. So far, untungnya proses ini berjalan baik – baik saja karena saya bekerja dengan orang – orang yang berbesar hati mau dipimpin. Dan, benar – benar pelajaran berharga dalam hal the art of gaining respect ;)

Yang masih belum berhasil untuk saya pelajari adalah the art of menjadi galak. Saya dikritik karena terlalu ‘soft’ kepada orang. Kadang saya bekerja dengan orang – orang yang malas. Susahnya adalah untuk memaksa mereka bekerja, sedangkan saya merasa kesulitan kalau harus memaksa orang. Ok, sampe saat ini saya masih belom berhasil. Let see apakah sebentar lagi saya bisa jadi galak? Tapi mungkin bisa dengan teknis yang berbeda tanpa harus menjadi galak.

Selain kesulitan, ada juga enaknya pekerjaan ini. Sering kerja bareng sama orang dari seluruh belahan dunia, sering party, sering makan – makan, sering jalan (hampir setiap bulan terbang), jatah cuti 48 hari setahun dan dibayar, sering nginep di hotel (baru sejak kerja jadi pernah nginep di hotel, kasian yah…:D).

In conclusion, so far pekerjaanku masih tampak menarik, meskipun ada bagian yang sulit – sulitnya. In one word, it’s an enRICHing job ;D

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

« Home