Sunday, January 14, 2007

Menemukan Komunitas Indonesia di Mumbai

Jumat malem, minggu kemarin, akhirnya saya menemukan komunitas Indonesia di Mumbai ini. Dengan pemberitahuan mendadak, akhirnya sepulang kantor, nge-hold supir kantor minta dianterin ke tempat acaranya. Acaranya adalah kumpul2 orang Indonesia yang tinggal di Mumbai, khususnya kawasan Powai.

Fyi, Powai adalah sebuah kawasan di Mumbai, kalo di Jkt semisal Depok. Di Powai inilah saya tinggal. Kebanyakan teman sekantor bertempat tinggal di daerah Powai. Daerah ini cukup luas. IIT (Indian Institute of Technology) Bombay juga berlokasi di Powai ini.

Acara malam sabtu kemarin adalah acara kumpul - kumpul orang Indonesia dalam rangka taun baruan yang bertujuan untuk mengumpulkan warga Indonesia yang bertempat tinggal di kawasan Powai ini. Pihak Konsulat Jendral RI Mumbai pun hadir dalam acara tersebut. Pak Konjen datang bersama beberapa orang stafnya. Lumayan rame, mungkin sekitar 30 orang hadir dalam acara tersebut. Sebagian besar yang hadir adalah orang Slambersi dan Jet Airways. Sebagian besar membawa keluarganya ke acara.

Meskipun kurang enak badan, tapi saya bela-belain dateng. Jarang - jarang ada kesempatan kumpul2 sama orang Indonesia di sini. Hasilnya, dapet kenalan banyak orang Indonesia, jadi gak kesepian amat di sini. Juga, pulangnya dapet banyak makanan :D
Oh iya, ternyata ada juga keluarga Indonesia yang tinggal segedung dengan saya.

Ini adalah pertama kalinya saya menghadiri acara kumpul2 dengan komunitas Indonesia di India. Bedanya dengan acara serupa yang pernah saya hadiri di Singapore adalah, kalo di Singapore, jarang - jarang acara kumpul2 dihadiri oleh orang kedutaan Indo :D Kayaknya kedutaan Indo di Sgp gak begitu dekat dengan komunitas Indonesia. Bukannya gak pernah, tapi orang kedutaan biasanya hanya ada dalam acara2 formal komunitas Indonesia, itupun diselenggarakannya di kedutaan, bukan di rumah salah seorang warga. Mungkin karena di sini jumlah orang Indonesia nya sedikit, jadi hubungan antara konjen dan warganya lebih akrab.

7 Comments:

Anonymous Ale said...

wah padahal saya iseng2 saja browsing dengan keyword "komunitas indonesia di mumbai" and nemu artikel ini. Saya minggu depan mau ke mumbai cuma gak tau daerah powai itu dimana. Saya bakalan tinggal di mohammad ali road. Senang juga mendengar kalo di mumbai ada orang indonesia juga.:)

3:17 PM  
Blogger dils said...

Lumayan banyak kok warga Indonesia di Mumbai. Tentu tidak sebanyak di Sgp atau Malaysia. Daerah Powai itu pinggiran kota. Kalo memang perlu bantuan nyari komunitas di sana, bisa coba main2 ke kantor KJRI Mumbai. Orangnya baik2 kok...

3:37 PM  
Blogger Unknown said...

Maaf mba/mas...boleh minta alaamat email gak?mo nanya2..sy ada seminar di india. Makasi sebelumnya

3:12 PM  
Blogger Unknown said...

Maaf mba/mas...boleh minta alaamat email gak?mo nanya2..sy ada seminar di india. Makasi sebelumnya

3:13 PM  
Blogger Unknown said...

Maf, mau nanyak.. Bila mau kirim uang dari india ke indonesia mengunakan apa ya??

4:19 PM  
Blogger Unknown said...

Maf, mau nanyak.. Bila mau kirim uang dari india ke indonesia mengunakan apa ya??

4:19 PM  
Blogger M Tirtana Siregar said...

Mau tanya, saya ada rencana kuliah di IIT bombay bulan juli, tapi saya mencari orang komunitas indonesia yang di powai, apakah ada?, mhon bantuannya

11:31 AM  

Post a Comment

« Home