Saturday, July 01, 2006

Sebab Akibat

Apakah segala hal itu selalu terhubung oleh "sebab - akibat" ?

Saya juga masih nggak ngerti. Tapi sepertinya iya.

Adam dan Hawa diturunkan ke Bumi pun dengan skenario 'sebab - akibat'.
Sebab mereka memakan buah terlarang, akibatnya mereka diturunkan ke Bumi.
Keduanya tidak langsung ujug - ujug ada di muka Bumi. Sim salabim!

Ada seorang anak yang sangat nakal.
Saya berpikir bahwa mungkin saja memang anak itu membawa sifat kenakalan dari sononya.
Tapi setelah diusut, ternyata ada pengaruh didikan pada masa kecilnya.
Hm... sebab - akibat...

Juga masih banyak lagi fenomena tentang sebab - akibat.

Menariknya, kadang hubungan sebab - akibat itu terjadi dalam urutan yang terbalik.
Akibat dulu, baru sebab.

Pernah, saya hanya bermaksud mengambil sesuatu satu saja.
Tapi entah kenapa, tanpa sadar saya mengambil 2. Kemudian, salah satunya jatuh dan tak bisa dipakai.
Tapi untunglah masih ada satunya lagi.
Sebab salah satu nya akan jatuh, akibatnya saya mengambil dua.
Akibat, baru sebab.

Ada lagi.
Seseorang anak memperoleh beasiswa.
Tahun berikutnya, beban keluarganya menjadi berat karena adiknya membutuhkan biaya besar untuk masuk sekolah dan juga beban berat lain. Tanpa beasiswa untuk salah satu anaknya, mungkin keluarga itu akan mengalami kesulitan besar.
Lagi2: Sebab keluarga itu akan mendapat beban biaya berat, akibatnya salah satu anaknya mendapat beasiswa.

Apa ya begitu hubungannya ?
Selalu dalam hubungan Sebab - Akibat ?
Saya sebenarnya tak ingin setuju, tapi hasil - hasil pengamatan sejauh ini menyatakan demikian.
Hmm.. mungkin saja karena studi kasusnya yang kurang luas.

Mungkin memang semua terhubung oleh hubungan 'Sebab dan Akibat', kecuali sang Causa Prima.

2 Comments:

Blogger M.A. Sanjaya said...

saya membaca blog ini karena saya bisa internetan. eh, atau karena saya pengen tahu ide baru. atau karena saya pengen ketawa. tapi bisa juga karena saya menunggu entry baru...

jadi kesimpulannya, satu sebab bisa membawa banyak akibat, dan satu akibat juga bisa berasal dari banyak sebab... #-o

11:18 AM  
Blogger dils said...

masanjaya:
betul sekali itu, njak.
Sebab akibat itu kadang bisa bercabang2, bukan satu lawan satu.

5:16 AM  

Post a Comment

« Home