Wednesday, October 19, 2005

Fresh Dates



Pernah liat kurma segar ?
Tuh, gambarnya.
Kayak kelapa, ya ? Tapi miniaturnya.
Wajar saja, kan termasuk sebangsa palem - paleman, palmaceae (?).
Mungkin, kalau kelapa dibonsai jadinya mirip itu kali, ya.

Kulitnya tebal, rasanya manis, tapi tidak se 'pekat' rasa manis kurma2 biasanya. Manis, segar dan banyak airnya; mungkin mirip rasa bengkuang, tapi lebih manis.

Pernah juga melihat kurma segar, tapi tidak sesegar yang ini, lebih tua sedikit mungkin. Cuman tidak setua yang biasanya. Enak juga rasanya, tidak terlalu manis.

Apakah kurma2 yang biasanya itu berasal dari kurma segar yang menjadi tua secara alami, ataukah mengalami proses pengolahan seperti dulu, misalnya seperti proses pembuatan manisan (dehydrated) ?
Kalau memang prosesnya adalah penuaan alami, butuh brapa lama ? Sebab kurma segar itu wujudnya jauh dari kurma yang biasanya, cuman bijinya saja yang wujudnya sama.

7 Comments:

Blogger BundaZidan&Syifa said...

sekilas mirip anggur ijo ya..

11:37 AM  
Blogger Dikara said...

Kaya'nya jenis kurma macem - macem deh. Ini salah satu diantaranya. Saya pernah ke perkebunan kurma, warnanya malah coklat muda (nggak ijo gitu), diambilin sama masnya terus langsung digigit... hmm manis banget deh...

8:32 AM  
Blogger dils said...

bundazidan&syifa:
wah, aslinya nggak mirip sama sekali, mbak.
Emang keliatannya ijo ya ?
wah, mungkin itu gara2 fotografer yang nggak pro :D
warna aslinya kuning gading, kayak kelapa.

dikara:
lagi2 keliatan ijo ya ? :D
hmm... aslinya kuning gading.
iya, tapi rasanya manis juga. Seger.. :D

8:39 AM  
Blogger tukangpot said...

gue yakin, kurma yg dijual2 itu mengalami proses penuaan dini... *bayangin keriput kantong mata* :))

10:10 PM  
Blogger masanjaya said...

boss Dila, ane import kurma seger 5 kilo yah? kapan nyampe indonesia?

keriput2 dikit gpp deh, entar ane kasih vit E disini. (vitamin uEEEEnaaak)

5:54 AM  
Blogger dils said...

(mbak) alia:
wahahaha.. penuaan dini pada kurma ?
Iya kali ya... :))

masanjaya:
emangnye ane pedagang kurme, enak aje...
wekekeke...

5:03 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hi All,

Saya pernah dapat Kurma seperti itu, pagi hari masih ijo.
Siangnya secara bertahap berubah jadi coklat.
Sore hari jadi coklat semwa, dan sudah manis u/ dimakan.

Begitulah bunyinya

Salam,
mtbROCKERS.multiply.com

5:05 AM  

Post a Comment

« Home