Friday, October 08, 2004

Witnessing night life in Johor Bahru, MY

Weekend kemaren, saya menghabiskan tengah malam dengan 'berkeliling2' di kehidupan malam kota Johor Bahru Malaysia. Saya menemani seorang teman lama saya yang sedang berkunjung ke Singapore, dalam rangka berlibur. Ia diundang oleh seorang temannya, yang orang JB, untuk berjalan2 ke JB sekedar makan2. Dan, di sana lah saya bersama mereka, di tengah malam itu.

Kami meninggalkan Singapore sekitar jam 11.30 malam dengan mengendarai mobil yang disetir oleh temennya temen saya. Rencana awalnya sih cuman pengen jalan2 cari makan, habis itu balik lagi ke Sgp.
Yah, apa mau dikata, rencana tinggal rencana, ternyata nggak segampang itu mencari tempat makan di tengah malam. We ended up with wandering around the city witnessing the 'night life'.

Biarpun puyeng gara2 muter2 nyari tempat makan nggak nemu2, tapi jadinya bisa keliling2 melihat kehidupan malam di kota itu.

Kalo nggak karena muter2 itu tadi, mungkin nggak bakalan dapet kesempatan melihat secara langsung hal2 aneh, yang sebelumnya cuman saya pernah liat di tipi/filem.

Pertama kita berhenti di sebuah tempat wisata yang namanya Danga Bay. Tempat ini masih tergolong 'baik-baik' saja, meskipun temen saya sempat melihat ada pasangan yang 'mojok' di salah satu tempat gelap. Nggak tau tuh, lagi ngapain. Ya, saya nggak liat sih...

Danga Bay ini, seperti terlihat dari namanya, terletak di tepi laut. Tapi karena udah malem, kita nggak pengen naik perahunya. Serem kali naik perahu malem2, mana anginnya kenceng lagi. Masak naik perahu jam 12 malem! hihihi... Eh, para nelayan kan kalo melaut juga malem2.

Danga Bay ini tempatnya cukup ramai. Ternyata banyak juga ya orang2 yang demen keluyuran malem2. *aye kagak termasuk, lho... kan ke sana buat nemenin temen,hehe..*
Di sini juga ada tempat makannya, tapi kita nggak mau makan di situ, soalnya kata temen yang orang sono, makanan di sana nggak enak. Walhasil di sono kita cuman keliling2 tempat itu naik kereta2an. Hehehe... iseng amat yak. Yah, dari pada gak ngapa2in.

Abis dari situ, rencananya kita mau nyari tempat maem trus balik. Eh, ternyata jadinya muter2, deh...
Tempat sasaran pertama: sebuah restoran pondok2 yang namanya Anjung Warisan. Yah, dasar udah kemaleman, makanan yang dipesen ternyata abis. Udah gitu, pada nggak ada yang ngasi tau lagi kalo dapurnya ternyata udah tutup. Kalo nggak ditanya, mungkin bakalan nunggu sampe bosen kali...

Trus pindah deh. Kali ini nyari sate. Jualannya di sebuah lapangan parkir gedung kantor apaa.. gitu, lupa.
Di lapangan parkir gedung ini, ada berderetan warung2 lain jualan macem2. Tapi, sekali lagi, warungnya pada tutup! huhuhu.... Pas mo balik ke mobil, eh, ngeliat ada orang yang jalannya miring2 sempoyongan.
Kata temenku, "wah, lagi mabok tuh orang". Ooo... jadi gitu ya orang yang lagi mabok. Biasanya kan cuman liat dari tipi/filem doang kalo orang mabok tuh, sempoyongan. Orangnya mo naik ke motornya, tapi jatoh2 terus. Hahaha... gawat juga ya orang mabok. Gimana coba kalo dia ternyata berhasil naik motor, wah, pasti dah nabrak2 kali ya... Sempet ngeri juga ngeliatnya, takut kalo orang yg mabuk itu ngamuk. Huhuhu.. untunglah gak kenapa2.

Kehabisan sate, tak mengapa. Pantang menyerah! Sebenernya yang pantang menyerah bukan kita2, tapi supirnya yang dah kelaperan. Saya mah dah males makan kemaleman. Mana rada2 puyeng gara2 mobilnya kebut2an lagi :s. arrggghh....

Dan akhirnya sampailah kita ke sebuah restoran yang buka 24 jam. Deket Danga Bay tadi. Lupa nama restorannya apa. Tempatnya terbuka, berpayung2 gitu. Jadi rada remang2. :s

Wah wah, bener2 nih tempat gawat juga. Namanya juga buka 24 jam, jadinya kalo malem ya... konsumennya kebanyakan adalah para 'orang malam'. Yah, di sini saya melihat beberapa pemandangan aneh. Ada cowok sama cowok berjalan berpelukan :s trus, trus katanya temenku, "tuh tuh.. liat ada gay" *tweoweoweow*
Hiya... kan sekali-kali nya liat gay di filem Arisan. Sekarang liat pake mata kepala sendiri. *tweoweoweow*
Habis itu nganterin temen ke toilet, pas baliknya saya melewati sebuah meja yang dikelilingi oleh sekelompok orang yang secara bergantian menghisap sesuatu. Hiyaaa.... apaan lagi tuh !!!
Di sekeliling meja mereka ada semacam tabung2 gas, gitu. Trus ada pipa2nya, yang kemudian mereka hisap secara bergantian. Kyaa... gawat, deh... kayaknya mereka lagi nyabu yak ?
Wah, belom pernah tuh liat yang begituan, ditipi doang kali...
Gawattt.....

Yah, begitulah ternyata kehidupan malam. Ada orang mabuk2an, orang nyandu, homoseks, dll, yang sebelumnya cuman saya liat di tipi. Eh, malam itu, ternyata melihat dengan mata kepala sendiri. Serem juga, yah..

Melihat itu semua, saya hanya bisa bersyukur...
Bersyukur karena ternyata kehidupan yang semacam itu alhamdulillah dijauhkan dari jalan kehidupanku, sampai saat ini. Dan semoga akan tetap dijauhkan sampai kapanpun.. amien...

Kadang seseorang tak pernah berencana untuk berada di suatu jalan hidup, tau2 sudah berada di dalamnya. Kalaupun mungkin ditakdirkan untuk berada di sebuah jalan yang 'berat', semoga selalu diberi ketabahan dan kekuatan untuk menjalaninya. Amien...

Sebuah oleh-oleh dari keheningan malam...
Ku tak pernah ingin berhenti bersyukur, telah sering Kautunjukkan besarnya kasih-Mu padaku...

5 Comments:

Blogger Eddy Fahmi said...

dil anak2 malaysia sono ga ada yg doyan kebut2an? di surabaya sini biasa ada race kayak fast n furious gitu kalo jumat malem n sabtu malem, tapi tergantung kondisi keamanan juga sih. yg turun balapan nggak biasa kita liat di jalanan kalo siang loh, ada mercy sl500, bmw m5, bmw z3, boxster, porsche carrera, etc... wuah keren lah! kalo di dalem kota biasanya polosan, tapi kalo pake nos biasanya dari bunderan waru sampek gempol, trus balik waru lagi, cihuy :p

2:48 AM  
Blogger noe2l said...

wah Dils..... kehidupan malam di tempatku lebih menyenangkan......... *zzzzzzzzzzzzz*

5:43 AM  
Blogger eka said...

Aku juga pernah ngalamin hal yg sama wkt msh kuliah di Jepun. Hanya karna rombongan kita salah ambil jalan (wkt itu di Kyoto) eh tau2 msk lingkungan yg semuanya bar and night club. Banyak orang2 bule and orang2 gede yg mirip bodyguard gitu, dan tentu saja cewek2 lah yaa. Tambah takut lagi wkt temen bisik2 "ini kan daerahnya Yakuza, itu lho mafia jepang yg punya kel bisnis kriminal dan prostitusi". Hii !
Sbnrnya blm terlalu malam, tp sungguh wkt itu kita takuut bgt, rasanya wkt berjalan lambat. tapi pura2 PeDe aja dan menghibur hati, 'ah ini kan Jepang, negara dgn tk kriminalitas plg rendah sedunia'. Terus kita jalan aja bergerombol tanpa nengok2, abis bbrp dari mereka ngeliatin juga, pasti pada bingung kali ya.. kok tampang2 innocent begini (duilee) pada ada disitu.

Kalo kita taunya dari buku atau cerita orang , rasanya gak percaya ya Dil, ada tempat serem begitu. wkt liat langsung tetap aja msh gak percaya. Kok, .. bisa ada??
Kuper banget ya aku.

6:36 AM  
Blogger dils said...

fahmi:
Oh.. iya, mi.. ada yang kelupaan di ceritaku. Waktu itu kita juga sempat berhenti ngeliatin mobil2 yang lagi trek2an, sama adu knalpot. Kalo liat mobil trek2an sih udah pernah di Sby dulu, jadi pas liat kemaren gak gitu aneh. Tapi yang baru pertama aku liat, adu kenalpot itu. Wih, seru deh, kok bisa ya knalpot nya dibikin sampe keluar apinya gitu! Mana suaranya berisik lagi. haha... seru juga tuh, ngeliatnya.

Noe2l:
Iya, Noel, di Bandung kayaknya adem ayem ajah, yak.
Eh, gak juga ding.. Bandung sebelah mananya dulu, hehehe...

eka:
Wehehe.. kayaknya kehidupan kayak gitu pasti ada di setiap negara, ya. Di Sgp sendiri juga ada kehidupan malam gitu, tapi bukan yang ngedrugs. Di sini drugs sangat2 dilarang dan berat hukumannya. Ya, tapi mungkin ada aja lah, yang sembunyi2. Paling nggak, di sini orang nge-drugs nggak melakukannya di tempat terbuka.

Iya, kadang gak percaya juga kalo pas ngeliat sendiri.
Ternyata bener2 ada.
Kalo emang gitu kuper, kayaknya saya juga termasuk deh. hehehe...

js:
wekeke... nn digemari para bencong toh ?
Pasti karena tampang sarunya! wahahaha...
O.. iya, Mbak, pas masih di Bandung dulu sempet liat bencong2 di sekitar BIP, ngamen gitu. Kalo gay, belom pernah nemuin di Bdg.
Dulu di kosan ku di Bdg, pernah ditemukan alat buat nyabu di kamar seseorang. Anak baru, jarang pulang, trus akhir2nya gak pulang2 sampe kamarnya harus dibongkar :s

5:28 AM  
Blogger dils said...

shinta:
wakaka.. iya, ketauan..
kehidupan malam paporit baru: nonton tipi!
Ati2 tuh Shin, di Bandung juga serem. Jangan pulang malem2, pagi aja sekalian...
*eh, bener lho, mending nginep kali... hihihi*

10:44 AM  

Post a Comment

« Home